5:05 PM

(0) Comments

Depkominfo Pusat Puji Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan

pendamping PKH

Harian Analisa,

Pimpinan rombongan dari Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) Jakarta Todotua Pakpahan memuji penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Medan yang dinilai sudah berjalan dengan baik.

“Kita akui, penyaluran bantuan PKH di Medan berjalan baik, penerima tepat sasaran dan telah terjadi saling koordinasi antara dinas yang satu dengan lain dan diharapkan ke depan penerima bantuan ini bisa diberdayakan,” kata Todotua Pakpahan usai meninjau penerima bantuan PKH di Lingkungan V, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (27/10).

Dia menjelaskan, penerima bantuan PKH dalam klaster I (penerima) ke depan bisa lebih diberdayakan melalui kelompok-kelompok kesejahteraanda akhirnya
mereka diberi modal oleh pemerintah sehingga bisa mengembangkan kehidupannya.

Selain itu, pemerintah daerah harus ada political will dari pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan mereka. “Jangan hanya berharap dari bantuan pemerintah pusat, tapi harus disediakan dana sendiri dalam APBD. Pemko Medan saya lihat sudah memiliki alokasi dana khusus untuk itu,” kata Todotua Pakpahan sembari menyebutkan data dan sosialisasi yang dilakukan Pemko Medan telah berjalan dengan baik.

Didampingi Kabid Bina Sosial Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Effendi SH, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Medan, Drs Asrizal MM, Camat Medan Selayan Aldi, Kepling V, Tumin, Todotua meminta agar penerima bantuan PKH tidak terlena dengan bantuan tersebut tapi ke depan harus lebih mandiri.

Sebelumnya, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan, T Irwansyah mengatakan sasaran PKH ke depan menjadikan kehidupan warga miskin di Medan lebih bermanfaat.

Salah seorang penerima bantuan PKH, Misniati mengaku bersyukur telah mendapatka bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan itu digunakan untuk menyekolah ketiga anaknya. Untuk mengaturnya, Misniati mengaku harus pandai-pandai, di antaranya dia mendahulukan keperluan yang sangat mendesak khususnya masalah pendidikan. Ibu empat anak ini selama empat bulan sekali mendapat bantuan Rp733.000,.

Sebelumnya, rombongan Depkominfo Jakarta juga diterima Pj Walikota Medan, Drs Rahudman Harahap MM di ruang kerjanya. Dalam kesempatan itu, tim mendapat laporan dimana berdasarkan data tahun 2008, jumlah rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Medan kira-kira 16.498 orang, dengan realisasi mencapai Rp24.546.868.000,- Tahun 2009. Sedangkan tahun 2009, jumlah RTSM kira-kira, 16.503 orang, dengan realisasi bantuan yang sudah disalurkan Rp15.884.073.000,-. Dana yang telah direalisasikan tahun 2008-2009 mencapai Rp40.430.941.000,- (maf)